Rabu, 25 Oktober 2017


 

ARTI DAN PESAN RANGKAIAN BUNGA ALTAR PADA MINGGU ke 20 SETELAH PENTAKOSTA
TANGGAL 22 Oktober 2017 Tema dari: Matius 22:15-22

1.   Bunga/daun yang ditata sebelah kiri berbentuk lingkaran dibatasi dengan tangkai bunga menggambarkan bahwa memberi kepada Kaisar/Negara/Pemerintah ada batasan ketaatan yang diperlihatkan (cukup dengan sekeping koin/suatu dinar ayat 19-20) yang berarti Kaisar/pemerintah memiliki batasan kuasa.
2.   Bunga/daun yang ditata di sebelah kanan ditata secara terbuka tanpa pembatas menggambarkan ketaatan kepada Tuhan tidak  dapat dibatasi dengan apapun juga di dunia ini (Kuasa Tuhan tidak dibatasi oleh apapun.)
3.   Kedua bunga yang  di sebelah kiri dan kanan ditata sejajar menggambarkan bahwa umat Tuhan harus taat dan setia kepada Negara/Pemerintah juga harus taat dan setia kepada Allah/Agama.
4.   Bunga dan daun yang ditata disekeliling Altar menggambarkan bahwa semua makhluk hidup termasuk tumbuhan turut bersuka memuji muji DIA.
5.   Warna liturgi hijau  adalah warna    kehidupan,pertumbuhan dan harapan baru, melambangkan harapan yang ada pada diri kita setelah dicurahkannya Roh Kudus pada hari Pentakosta  
Pesan :
-         Dalam kehidupan ini kita mungkin memiliki batas-batas tertentu untuk suatu kewajiban, tetapi kepada Tuhan kita tidak dapat membatasi kewajiban dan tanggungjawab. Sebab kehidupan beserta segala sesuatu yang ada dalam hidup ini adalah berasal dari Tuhan, maka kita juga harus memberikannya kepada Tuhan. 
Sehingga apa yang layak kita berikan kepada Tuhan adalah mempersembahkan seluruh kehidupan kita ini untuk taat kepada Tuhan saja. Baik itu waktu, pekerjaan, keluarga, harta milik, semuanya tanpa terkecuali dalam hidup ini diberikan kepada Tuhan hanya untuk kemuliaan namaNya saja. 
-         Tetaplah setia dan taat kepada Negara dan Allah/Agama kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar