Senin, 16 Oktober 2017

ARTI DAN PESAN RANGKAIAN BUNGA ALTAR PADA 
MINGGU XI SETELAH PENTAKOSTA
TANGGAL 08 Oktober 2017 Tema dari: Matius 21:33-46


1. Bunga lily putih,tegwa putih,gladiol putih dan sekuntum gerbera merah yang ditata di bagian tengah menggambarkan Kristus sebagai batu penjuru yang telah diangkat Allah ke tempat yang mulia ( dalam perumpamaan ini sebagai anak pemilik kebun anggur dan sebagai batu yang dibuang oleh tukang tukang bangunan ayat 4 & 6 )

2. Bunga pikok putih,bunga maron yang ditata dii sekeliling altar menggambarkan kebun anggur serta batang bunga ditata di dalamnya berupa menara jaga

3. Bunga mawar pink dan ungu yang ditata dalam tataan kebun anggur menggambarkan ahli ahli taurat dan pemimpin agama Yahudi yang dalam perumpamaan inii sebagai penggarap penggarab kebun anggur & tukang tukang bangunan yang membuang batu penjuru (ayat 33b & ayat 42b) 

4. Bunga mawar merah yang ditata dalam tataan kebun anggur menggambarkan para Nabi yang telah diutus Allah kepada bangsa Israel (dalam perumpamaan inii sebagai hamba-hamba yang ditangkap dan dipukuli dan dilempari para penggarap (ayat 35)

5. Warna liturgi hijau adalah warna kehidupan,pertumbuhan dan harapan baru, melambangkan harapan yang ada pada diri kita setelah dicurahkannya Roh Kudus pada hari Pentakosta
Pesan :
- Tuhanlah pemilik sejati dari hidup kita dan segala yang kita miliki,karenanya segala sesuatu yang kita perbuat akan kita pertanggungjawabkan kepadaNYA.
- Marilah kita merendahkan hati dan menerima Kristus sebagai batu penjuru yang telah diangkat Allah ke tempat Maha Tinggi dan Mulia..

Foto Pebernawati Saragih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar